‎Wayang Purwa (timeline)

Bookmark and Share
Wayang purwa (waktu) adalah waktu dimana Kerajaan langit telah dibangun dan para batara masih muda. Di mana para batara ini nantinya akan menjadi salah satu dari pemimpin para Batara di dunia/di kerajaan langit. Kisah di awali dari jaman Nabi Adam, dimana dia menurunkan keturunan. Yang mana salah satu keturunan berjalan ke Indonesia jaman dahulu kemudian menjadi batara disana. Salah satunya akan menurunkan Hyang Tunggal dan dia akan memiliki putra yaitu Manikmaya dan Ismaya.

Sebenarnya wayang purwa merupakan timeline dari awal kehadiran Batara di Pulau jawa hingga menjelang akhir kisah pangeran Parikesit. Tetapi Wayang purwa dalam tulisan ini merujuk pada pembatasan waktu dari jaman awal hingga pasca kehadiran Arjuna Sastrabahu. Kisah dalam Wayang Purwa lebih merujuk pada asal-usul dari seseorang seperti Batara, Rahwana hingga Anoman.


Manikmaya kemudian menurunkan keturunan Batara yang akan menjadi Batara pemelihara dan pelindung dunia. Salah satu keturunannya akan menitis ke ksatria agung di dunia untuk memelihara dunia dan memberantas angkara murka seperti Rahwana.

Wayang Purwa terjadi sebelum Ramayana dan menjadi fondasi dari semua batara dan orang sakti di masa Ramayana dan Mahabaratha. Negeri Batara sendiri tidaklah selalu aman, silih berganti masalah datang. Manikmaya dan Ismaya pada awalnya memberantas kejahatan tersebut, namun akhirnya keturunannya seperti Batara Bayu, Wisnu dan lainnya turun tangan.

Tidak hanya menceritakan Batara, wayang purwa menceritakan bahwa tingginya orang dalam kedudukan tidak sepantasnya membuat dirinya sombong. Hal ini terbukti dari Batara Guru yang harus mendapatkan 3 kutukan yang tak bisa diobati.

Semar yang merupakan pembimbing di kisah Mahabartha di ceritakan awal-awalnya hingga dia mengasuh para keturunannya. Kehadiran Rahwana dan teman-temannya terkadang diceritakan pada zaman ini. Kisah ini berakhir saat diceritakan tentang Wisnu yang menitis ke manusia.

Nantinya manusia tersebut bernama Arjuna Sastrabahu yang menjadi raja hebat seperti raja hebat berikutnya yaitu Ramawijaya pada Ramayana. Beberapa cerita dalam wayang purwa termasuk kelahiran Rahwana, Perpecahan saudara yang berujung kelahiran Anoman, dan kisah Sumantri&Sukrasana.

Beberapa Dalang menyatakan Arjuna Sastrabahu dan kisah tambahan tentang kelahiran dan hadirnya tokoh penting di Arjuna Sastrabahu merupakan bagian dari Wayang Purwa. Sehingga nantinya Wayang Purwa akan langsung berlanjut ke Ramayana.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

34-zamrud-khatulistiwa
Ebook ensiklopedik ini berformat Pdf 300 halaman ukuran A4. Besar file 13 Mb. Dipasarkan menyambut HUT RI ke-73. Ebook dengan banyak foto warna ini berisi detil-detil geografi, sejarah, ekonomi, sosial, budaya & pariwisata dari ke-34 provinsi RI, menurut abjad mulai Aceh sampai Yogyakarta.

Di akhir tiap bab provinsi Anda temukan daftar lengkap pranala (link) luar untuk informasi lebih banyak dan lengkap tentang sejarah, demografi, ekonomi, pemerintahan, pariwisata dll. tentang provinsi itu. Bila Anda mengakses versi ebooknya (selain mencetaknya demi kenyamanan membaca), Anda bisa klik link-link ini bila Anda tersambung ke Internet. Miliki Ebook ini sekarang juga, pesan disini

Inilah Panduan Mendapatkan Ribuan Dollar di Internet Terlengkap Dengan lebih dari 300 Cara, Tutorial dan Trik Rahasia Klik disini!

10 Entri Populer

Artikel Dewasa

Seksi News