Bagaimana cara membangun cerita berdasarkan karakter

Bookmark and Share
Membaca tulisan salah satu blog.. membuatku ingin share tentang membuat cerbung sendiri. Tentunya perlu sedikit dipoles agar tulisan ini lebih baik.. daripada basa-basi.. kita lanjutkan

Semua cerita bermula dari karakter.. maka buatlah 1 karakter.. lalu lanjutkan dengan membuat plot singkat tentang dirinya.. bagaimana dirinya dan rupanya.. yang terpenting tambahkan 1 karakter lagi. Kita tak boleh membuat karakter ini cuma sendiri.. tambahkan karakter kedua, tiga dan seterusnya.

Sebelum membahas ke  karakter 2 dan seterusnya.. deskripsikan karaktermu. Bila kamu membuat cerita ini dengan pandangan pertama (aku dan kamu).. buatlah sinopsis tentang dirimu berdasarkan penilaianmu sendiri (penilaian karakter utama terhadap dirinya), kemudian lanjutkan penjelasan tentang tempat dimana karakter utama kami berdiri..
nantinya saat bertemu karakter ke 2 dan ketiga.. jelaskan tentang mereka secara deskriptif.



nantinya dari semua karakter yang ada kita membuat plot yang sederhana. Misal A (karakter 1) berteman dengan B dan bermusuhan dengan C. hubungan antara A dan lainnya tidak melulu sahabat, pacar dan orang dekat (keluarga).. kembangkan dengan hubungan yang lain dan lebih rumit.. tetapi jangan terlalu rumit.. walau rumit ada semacam pola yang nantinya harus km pertahankan hingga akhir cerita.

Pastikan apa yang ada di awal cerita akan berguna di akhir cerita. Misal di awal cerita tokoh utama ngak bisa naik mobil karena trauma masa kecil, tetapi di akhir cerita berkat keberanian tokoh utama.. maka dia bisa naik mobil. Juga jangan terlalu banyak spoiler.. kisah yang baik dan cerbung yang baik harus berupa puzzle.. tampak dan ketahuan tetapi perlu semacam link atau rantai yang membantu menyatukannya.

Tentang karakter nantinya misal D-J.. jangan terlalu banyak membuat karakter. Semakin banyak akan menyulitkan   lho.. alasannya begini.. bila km membuat hanya 3 karakter.. pikirkan juga hubungan tak hanya A-B dan A-C.. buatlah pikiran tentang hubungan B-C.. nantinya dengan pertambahan cerita hingga karakter sampai F misalnya.. berikan hubungan A-D , A-E, A-F, B-D dan seterusnya..

terlalu banyak hubungan akan menyulitkan dan jgn terlalu banyak isi kepalamu dengan karakter yang hanya muncul 1 cerita lalu tewas di akhir. Kamu bisa kembangkan kisah karakter dari karakter2 yang ada.. bahkan nantinya tanpa sadar 100 halaman sudah terbuat.

tentukan plot.. tentukan metode cerita dan terakhir.. jangan menyerah.. ingat.. karakter di novel anda tidak menyerah.. kenapa anda malah menyerah?

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

34-zamrud-khatulistiwa
Ebook ensiklopedik ini berformat Pdf 300 halaman ukuran A4. Besar file 13 Mb. Dipasarkan menyambut HUT RI ke-73. Ebook dengan banyak foto warna ini berisi detil-detil geografi, sejarah, ekonomi, sosial, budaya & pariwisata dari ke-34 provinsi RI, menurut abjad mulai Aceh sampai Yogyakarta.

Di akhir tiap bab provinsi Anda temukan daftar lengkap pranala (link) luar untuk informasi lebih banyak dan lengkap tentang sejarah, demografi, ekonomi, pemerintahan, pariwisata dll. tentang provinsi itu. Bila Anda mengakses versi ebooknya (selain mencetaknya demi kenyamanan membaca), Anda bisa klik link-link ini bila Anda tersambung ke Internet. Miliki Ebook ini sekarang juga, pesan disini

Inilah Panduan Mendapatkan Ribuan Dollar di Internet Terlengkap Dengan lebih dari 300 Cara, Tutorial dan Trik Rahasia Klik disini!

10 Entri Populer

Artikel Dewasa

Seksi News