Membahas SEX kepada anak

Bookmark and Share
Tidak ada cara termudah menjelaskan hal yang sulit kepada anak. Terutama bocah yang belum saatnya memahami hal yang sulit. Tentunya tak pernah mudah dan akan lebih berbahaya bila si anak mengorek sendiri pengetahuan ini dari sumber yang tak diketahui.
jgn sampai kejadian si anak yang lebih memahami sex dibandingkan ayahnya. Hal yang harusnya tabu akhir-akhir ini dengan adanya internet menjadi hal yang lumrah. Hal ini sangat berbahaya apalagi si anak tidak memahami bagaimana seharusnya dia memahami informasi yang dia tidak memahaminya.

Hal yang terburuk adalah bila sumber yang memberikan adalah sumber yang berbahaya seperti orang yang sengaja menyebarkan informasi yang 'salah' untuk memanfaatkan si bocah. Saat ini indikasi menuju kesana sudah terlihat apalagi internet yang semakin sulit di blokir menjadi penyebab masalah ini muncul.

namun bagaimanapun juga tabu rasanya memberikan informasi yang seharusnya dia dapatkan saat dewasa dikala dini. Untuk apa seh tujuan memberikan informasi yang bisa dibilang agak nyeleneh ini? beberapa masukan yang dapat diambil adalah

  1. memastikan si anak berada di jalur yang benar
  2. menghindari dari kesalahfahaman
  3. memberi tanggung jawab langsung maupun tak langsung kepada si anak.
  4. dan lain sebagainya
Penulis mungkin lebih memberikan secara teori bukan secara global. Tetapi yang terpenting dalam hal ini adalah tehnik anda memberikan informasi kepada si kecil. ada beberapa cara yang dapat di ambil daripada langsung membahas secara terbuka.
  • berikan contoh dengan alat atau mainan
  • berikan contoh dengan menunjukkan hewan
  • jangan memberi ketakutan tetapi berikan masukan positif kepadanya.
  • pastikan anda berteman dengan anak anda dan hilangkan rasa sebagai orang tua kepadanya.
bila anda memberikan informasi ini kepada anak anda.. berikanlah semacam kurikulum.. misal 1 hari setiap minggunya, dampingi si anak untuk menjelaskan tentang sex.. mulailah dengan hal sederhana misal hal yang cukup ringkas seperti bayi berasal dari mana.. tetapi jangan jelaskan semua.. bila dia bertanya.. simpan pertanyaan untuk kurikulum atau waktu mendatang. 
Ingat jangan buat dia untuk berusaha mencari informasi di tempat yang tidak benar. Pastikan anda sebagai orang tua adalah orang yang dipercaya. Tentunya ini sulit!! hubungan dia dengan anda sangatlah jauh bila dibandingkan dengan temannya. cara terbaik adalah memberikan teman atau saran saya pamannya atau bibinya dalam menjelaskan. Jangan lupa untuk memintanya jangan menyebar kepada teman-temannya, beberapa orang tua sangat sensitif dengan hal ini. Bukankah kita demikian?

ingat saya ulangi sekali lagi.
tidak ada yang termudah dalam menjelaskan hal menyulitkan ini.. tapi lebih baik hal ini tersampaikan dari mulut orang tuanya daripada dari pihak yang tak bertanggung jawab.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

34-zamrud-khatulistiwa
Ebook ensiklopedik ini berformat Pdf 300 halaman ukuran A4. Besar file 13 Mb. Dipasarkan menyambut HUT RI ke-73. Ebook dengan banyak foto warna ini berisi detil-detil geografi, sejarah, ekonomi, sosial, budaya & pariwisata dari ke-34 provinsi RI, menurut abjad mulai Aceh sampai Yogyakarta.

Di akhir tiap bab provinsi Anda temukan daftar lengkap pranala (link) luar untuk informasi lebih banyak dan lengkap tentang sejarah, demografi, ekonomi, pemerintahan, pariwisata dll. tentang provinsi itu. Bila Anda mengakses versi ebooknya (selain mencetaknya demi kenyamanan membaca), Anda bisa klik link-link ini bila Anda tersambung ke Internet. Miliki Ebook ini sekarang juga, pesan disini

Inilah Panduan Mendapatkan Ribuan Dollar di Internet Terlengkap Dengan lebih dari 300 Cara, Tutorial dan Trik Rahasia Klik disini!

10 Entri Populer

Artikel Dewasa

Seksi News